Jurnal al-Kimiya

Link: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/ak

al-Kimiya (e-ISSN: 2407-1927, p-ISSN: 2407-1897) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN SGD, Bandung. Terbit dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Mulai terbit pada Juni 2014, namun tidak teratur secara online sampai dengan Desember 2017 (Terbitan Volume 1-4). Sejak Juni 2018, kami berkomitmen untuk terbit secara teratur dan online.
Kami menerbitkan jurnal yang mengangkat hasil-hasil penelitian orisinal dalam bidang ilmu kimia murni beserta tema-tema penerapannya. Dalam hal ilmu kimia murni, kami mengangkat hasil-hasil penelitian yang mengkaji masalah yang terkait dalam keilmuan kimia secara klasik, yakni Kimia Anorganik, Kimia Organik, Biokimia, Kimia Fisik, dan Kimia Analtik.
Dalam kaitan dengan terapannya, kami mengangkat hasil-hasil penelitian yang masih kurang mendapatkan tempat pada jurnal-jurnal sejenis, namun memiliki potensi nilai kontribusi dalam kemajuan dan memajukan bangsa secara khas, seperti pendidikan dan teknologi kimia berbasis sumber daya manusia dan alam yang dimiliki bangsa, pengembangan dan penggalian aspek-aspek ilmu kimia. Secara umum kepentingan bangsa dan menjadi isu nasional adalah masalah-masalah ketahanan pangan, kemandirian energi, dan kelestarian lingkungan. Sebagai terbitan di lembaga PT Keagamaan Islam, kami juga berkomitmen dalam mengangkat hasil-hasil penelitian terapan yang memiliki keterkaitaan dengan nilai-nilai religius keislaman.