Selamat Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional, Momentum Menanamkan Kararkter Islam yang Rahmatan lil alamin

Memperingati Hari Santri Nasional tahun 2019 UIN Sunan Gunung Djati mengadakan upacara peringatan Hari Santri Nasional yang diadakan dipelataran Gedung Anwar Musaddad, pada selasa (22/10/2019). Upacara dipimpin oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag dan diikuti oleh seluruh fakultas dan jurusan termasuk Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi.

Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri di Indonesia sejak tahun 2015, melalui Keputusan Presiden No. 22 Tahun 2015 tentang Penetapan Hari Santri Nasional. Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama. Tema Hari Santri Nasional pada tahun ini yaitu “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”.

Sejarah berawal dari Resolusi Jihad yang diserukan kepada para santri Jawa dan Madura oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945, untuk berjuang melawan tentara sekutu yang ingin kembali menjajah Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan. Pada konteks hari ini dalam rangka mengisi kemerdekaan, peringatan Hari Santri Nasional haruslah dijadikan momentum perjuangan bagi kita umat islam untuk menanamkan karakter ajaran islam yang rahmatan lil alamin dan membawa pesan perdamaian.

#harisantrinasional #harisantri #uinsunangunungdjati